HOME

CATEGORY MENU

Friday, July 20, 2012

manfaat ibadah puasa ramadhan bisa untuk mengobati sakit maag


Banyak orang beralasan tidak mau berpuasa karena punya sakit maag. Padahal, tahukah anda bahwa puasa Ramadhan itu bisa untuk mengobati sakit maag?
Seperti yang dikatakan oleh Dr. H. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, MMB, Divisi Gastroenterologi RSCM-FKUI dan dikutip dari ANTARA News, sakit maag fungsional dapat disembuhkan dengan menjalani ibadah puasa Ramadan.
“Dengan berpuasa tidak makan dan tidak minum selama kurang lebih 14 jam akan membuat perubahan tingkat asam lambung menjadi berubah,” kata Ari pada sebuah simposium di FKUI-RSCM.
Puasa akan meningkatkan kadar gastrin dan menurunkan asam lambung yang menyebabkan penyakit maag.
“Lebih dari 60 persen pasien sakit maag fungsional dapat sembuh karena berpuasa, namun obat maag haru tetap diminum untuk menekan asam lambung,” jelas dia.
Ari mengemukakan, sakit maag fungsional dapat sembuh setelah menjalani puasa selama 30 hari karena pola makan saat berpuasa menjadi lebih teratur.
“Otomatis konsumsi rokok, camilan berlemak dan kopi yang banyak mengandung gas juga berkurang,” kata Dr. H. Ari
Dia menyebut rokok, camilan berlemak dan kopi adalah tiga hal yang memicu sakit maag fungsional.
Sakit maag fungsional terjadi akibat makan yang tidak teratur, kebiasaan memakan camilan berlemak, terlalu banyak meminum kopi atau soda, merokok, serta stress, papar Dr. H. Ari.

0 comments:

Post a Comment